Tutorial Sederhana Cara Menulis Dan Mengirim Email
Telefon, Fax, banyak sekali media umum yang tersedia contohnya menyerupai Facebook, Twitter, WA, serta media umum lainnya dapat menjadi salah satu sarana kita untuk menjalin komunikasi terutama bagi orang yang jauh. Begitu pula Email, yaitu merupakan salah satu alat komunikasi yang mempermudah dan mempercepat proses komunikasi yang kita inginkan. Namun begitu masih banyak orang yang belum tahu cara menulis dan mengirim Email.
Padahal kebanyakan orang sudah pernah membuat atau punya akun email, tapi sayangnya mereka tidak pernah menggunakannya alasannya biasanya email tersebut hanya dipakai untuk mendaftar dan membuka akun media sosial. Karena dari itu sobat, artikel kali ini saya akan membagikan tutorial sederhana cara menulis dan mengirim email, siapa tau di antara sahabat blogbacatulis ini masih ada yang belum terlalu mengerti dalam penggunaan email. Namun sebelumnya ada baiknya kita mengetahui sedikit perihal apa itu email dan juga fungsinya.
Pengertian Email dan Fungsinya
Email atau E-mail merupakan abreviasi dari electronic mail atau surat elektronik, yaitu salah satu jenis layanan internet untuk mengirim atau mendapatkan surat melalui elektronik.
Email mampu dikategorikan sebagai salah satu cara berkirim surat yang sangat mudah, cepat dan efisien. Karena hanya dengan menggunakan layanan internet kita mampu dengan segera dapat mengirim surat kepada seseorang, tanpa harus menunggu dalam waktu berhari-hari surat yang kita kirim sudah masuk ke inbox email yang kita tuju.
Beberapa kegunaan email yaitu sebagai alat komunikasi yang cepat, mudah dan efisien; sebagai media informasi dari banyak sekali pelosok dunia alasannya kita mampu pelanggan informasi (subscriber) dari media yang kita tentukan; sebagai alat promosi. kita dapat mengirim promosi bisnis yang kita miliki ke daftar alamat email yang ada pada kontak kita atau daftar pelanggan kita;
Ada beberapa fungsi atau kegunaan dari email yang dapat kita ambil, diantaranya:
- Sebagai alat komunikasi yang cepat, mudah dan efisien. Kita dapat mengirim surat, foto, gambar, ebook, video, dan lain-lain.
- Sebagai media informasi dari banyak sekali pelosok dunia alasannya kita mampu menjadi pelanggan informasi (subscriber) dari media yang kita tentukan.
- Sebagai alat promosi. Kita dapat mengirim promosi bisnis yang kita miliki ke daftar alamat email yang ada pada kontak kita atau daftar pelanggan kita.
- Untuk membuat blog atau wwebsite.
- Untuk mendaftar ke banyak sekali akun media sosial.
Cara menulis dan mengirim email
Sobat blogbacatulis, pada tutorial sederhana perihal cara menulis dan mengirim email ini saya menggunakan pola email dari Gmail.com, jadi bagi yang memiliki email dari gmail.com silahkan semakin merapat ya, tapi bergotong-royong untuk alamat email lainnya misalnya dari yahoo juga tidak jauh berbeda caranya hanya saja mungkin letaknya saja yang berbeda.Namun sebelumnya ada beberapa istilah di dalam Email yang sebaiknya kita ketahui terlebih dahulu, yaitu:
Nah, sekarang kita lanjut ke tutorial cara menulis dan mengirim email di gmail.
- Sign Up/Daftar : Mendaftarkan diri (menjadi member)
- Sign In/Masuk : Pemilik e-mail dapat masuk ke akun emailnya sendiri apabila sudah terdaftar (menjadi member)
- Compose/Tulis : Menulis surat baru
- Inbox/Kotak Masuk : Surat yang masuk ke email
- Starred/Berbintang : Memberi tanda bintang pada surat tententu yang kita inginkan, memudahkan dalam mencari di inbox.
- To/Kepada : Surat akan dikirim ke alamat e-mail yang dituju
- CC : Surat dikirim secara berantai ke alamat lain
- BCC : Surat dikirim ke alamat yang dituju tanpa memberi tahu pemilik alamat yang tercantum di alamat CC
- Subject/Subjek : Judul atau topik surat yang kita tulis
- Draft/Draf : Surat yang ditulis tapi belum dikirim
- Sent Mail/Pesan Terkirim : Surat yang terkirim
- Spam : Surat yang dikirimkan dalam jumlah banyak secara bertubi-tubi yang tanpa dikehendaki oleh penerimanya
- Reply/Balas : Membalas surat yang diterima
- Trash/Sampah : Melihat e-mail yang telah dihapus
- Forward : Meneruskan surat yang diterima untuk disampaikan kepada orang lain
- Buka alamat gmail.com
- Setelah halaman terbuka, masukkan alamat email kau pada user, kemudian klik next/selanjutnya, lalu masukkan password email kau kemudian klik next/selanjutnya lagi. Setelah itu tunggu loading untuk masuk ke email.
- Setelah kau berada dalam email, lihat pada bab kiri, disana terdapat banyak sekali pilihan fitur yang mampu kita gunakan. Untuk menulis surat, silahkan klik Compose/Tulis, maka akan terbuka layar kecil di pojok kanan bawah.
- Pada bab To / Kepada silahkan kau masukkan alamat email yang dituju. Pada bab Subject / Subjek mampu kau tuliskan judul atau topik isi surat kamu, biasanya ini untuk mempermudah si peserta mengetahui perihal apa email yang kita kirim. Jika email tersebut merupakan email non formal bergotong-royong boleh saja tanpa harus menuliskan subjeknya.
- Sekarang kau mampu menulis isi surat. Berikut salah satu pola cara menulis dan mengirim email. Jika ingin menambahkan file dokumen, gambar, atau video silahkan klik pada ikon yang ada pada bab bawah.
- Kalau sudah selesai, silahkan klik send/kirim pada bab bawah.Jika alamat email yang dituju tertulis dengan benar dan alamat emailnya memang benar/ada maka email yang kau kirim akan pribadi terkirim ke si penerima. Seperti pemberitahuan pada gambar berikut.
Komentar
Posting Komentar